Pernyataan Sikap

KAUKUS PANTAI BARAT - SELATAN

Sehubungan dengan respons cepat Kepala BRR NAD dan Nias dalam menanggani persoalan yang terjadi di BRR Regional IV kami Kaukus Pantai Barat – Selatan menyampaikan penghargaan dan menghargai langkah koordinasi dengan pemerintah daerah dalam usaha pemecahan masalah. Ini contoh teladan yang mesti terus dipraktekkan dalam proses percepatan pembangunan akibat gempa dan tsunami terutama di wilayah pantai barat – selatan.

Kaukus Pantai Barat – Selatan penting untuk mengingatkan kembali kepada semua pihak bahwa kawasan pantai barat – selatan adalah salah satu kawasan yang harus mendapat prioritas dalam percepatan pemulihan pasca bencana alam. Hal ini mengingat daya rusak gempa dan tsunami begitu dasyat menimpa sejumlah daerah di kawasan yang sejak dulu senantiasa kerap menjadi anak tiri dalam pembangunan Aceh.

Kepada BRR NAD dan Nias yang saat ini sedang mempersiapkan Rencana Aksi 2008 – 2009 diminta untuk lebih memperhatikan wilayah rusakan akibat gempa dan tsunami dan tidak boleh lagi menjadikan kesulitan medan sebagai alasan untuk tidak mengagendakan rehabilitasi dan rekontruksi secara signifikan.

Untuk itu, mengingat peran BRR Regional IV sangat staregis maka walau pun penetapan atau penunjukan Kepala Perwakilan BRR Regional IV yang baru menjadi hak preogratif Kepala Badan tetap penting membuka konsultasi dan koordinasi dengan Kepala Daerah di wilayah kerja regional IV. Bagaimana pun, Kepala Daerah di wilayah regional IV adalah mitra utama dan sekaligus juga karena BRR mengemban amanat bagi pemberdayaan pemerintah daerah, yang menjadi salah satu alasan mengapa BRR NAD dan Nias perlu dibentuk dalam kaitannya pemulihan Aceh.

Wassalam
Banda Aceh, 30 Juli 2007

Juru Bicara Kaukus Pantai Barat Selatan


TAF HAIKAL

Tidak ada komentar: